Pesona Segara Anak Di Taman Nasional Gunung Rinjani


Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan Gunung Berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl.

Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok ini merupakan bagian dari Taman Nasional, Gunung ini menjadi kawasan pendakian paling  populer di Indonesia.

Taman Nasional Gunung Rinjani memiliki luas sekitar 41.330 hektar, secara geografis Gunung Rinjani terletak di Tiga Kabupaten  yakni Lombok Timur , Lombok Utara dan Lombok Tengah.
Masih di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat sebuah Danau yang bernama Segara Anak dengan luas area sekitar 11.000.000 meter dan kedalamam mencapai  230 meter. 

Di Segara Anak terdapat ratusan bahkan ribuan Ikan Mas dan Mujair tak heran jika para Pengunjung kerap memanfaatkan waktu luang untuk memancing di Danau ini kawasan ini biasa juga di sebut dengan Danau Endut.

Air yang mengalir dari Segara Anak mengalir deras melewati Jurang yang cukup curam hingga membentuk Air Terjun yang sangat indah.


Untuk mencapai puncak Gunung Rinjani jika Anda berada di kawasan Segara Anak cukup berjalan kaki mendaki Puncak dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Namun setiap lereng terdapat beberapa tahap pendakian, tahap pertama menuju Plawangan Sembalun, di tempat ini Anda bisa beristirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan perjalanan pada jam 3 dinihari untuk mendapatkan momen indah  saat matahari terbit di puncak Rinjani. 

Pendakian yang melelahkan dengan Medan yang cukup curam seakan sirna saat Anda tiba di Puncak Rinjani dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Saat berada di Puncak Rinjani Anda akan dimanjakan oleh Pemandangan Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen di Banyuwangi, Gunung Merapi di Yogyakarta, Gunung Tambora di Sumbawa semuanya terpampang jelas dari atas Puncak Rinjani.

Wisata menarik di Puncak Gunung Rinjani adalah Gua Susu dan Gunung Baru Jari yang merupakan Anak Gunung Rinjani yang berada di tengah Danau.

Sekidit tips bagi Anda yang ingin melakukan pendakian ke Puncak Rinjani sebaiknya bawalah perlengkapan diri mulai dari Jaket Tebal, Pisau lipat, bahan makanan seperlunya, Kompas, dan alat telekomunikasi lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Read Gentleman Jole and the Red Queen Vorkosigan Saga Free

Read Cicero In Catilinam 1-4. Pro Murena. Pro Sulla. Pro Flacco B. Orations Loeb Classical Library No. 324 Free

Read Loving An Angel II The Story of Angel II The Story of Angelo & Mercy Volume 2 Free