6 Makam Keramat Di Lombok Ini Jadi Wisata Religi Terpopuler


Pulau Lombok tak hanya dikenal dengan keindahan Pantai Lombok saja, namun beberapa Makam Keramat di Lombok ini kerap di jadikan tempat wisata religi di Lombok yang selalu ramai dikunjungi para Peziarah yang datang dari berbagai pelosok daerah.

Di Makam – Makam Keramat inilah para peziarah selalu datang dan melantunkan doa - doa sembari melakukan ritual demi mengharap berkah dan kemudahan dalam melakukan berbagai hajat dunia, berikut ini enam makam keramat di Pulau Lombok yang paling ramai di kunjungi para Wisatawan :

Makam Batu Layar

Menurut kepercayaan Masyarakat setempat Makam Batu Layar Lombok adalah makam Syekh Syayid Duhri Al Haddad Al Hadrami yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW.
Para peziarah percaya jika memiliki cita – cita pergi ke Tanah Suci Mekkah akan cepat terlaksana jika berjiarah ke Makam ini.

Makam Loang Baloq

Makam Loang Baloq yang berada di dekat Pohon Beringin yang berlubang dan sudah berumur ratusan ini konon terdapat Puluhan Jasad yang di kubur didalamnya diantaranya ada Makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak yang merupakan Tokoh islam yang paling berjasa dalam menyebarkan agama Islam, makam Anak Yatim yang Sholeh dan Makam Datuk Laut. 

Para Peziarah yang berdoa di sini biasanya meminta Jodoh, minta dimudahkan Rezeki, Panjang Umur dan selalu diberkahi.

Bagi Pengunjung yang hajatnya ingin cepat terkabul biasanya mereka selalu mengikatkan sesuatu ke akar gantung di Pohon Beringin tua dan setelah hajatnya tercapai mereka akan melepaskan ikatan tersebut.

Makam Selaparang

Makam Selaparang sangat berhubungan erat dengan Kerajaan Selaparang di abad 13 dan 16 silam. Kompleks Makam Selaparang ini merupakan Makam anggota Keluarga Kerajaan yang terdiri dari Makam kedua orangtua Raja Selaparang, Makam Raja Selaparang dan Makam Patih Gajah Mada, hingga kini tradisi zaiarah Makam Selaparang masih terus dilestarikan.

Makam Di Masjid Kuno Bayan Beleq

Di area Masjid Kuno Bayan Beleq yang terletak di kecamatan Bayan Lombok Utara ini terdapat makam Gaus Abdul Rozak yang dipercaya merupakan Tokoh penyebar agama Islam pertama di Bayan Beleq setiap kamis malam Makam ini selalu dikunjungi para Peziarah yang meminta berkah.

Makam Keramat Cemare

Makam Keramat Cemare berada di dekat pelabuhan Lembar, Lombok ini konon merupakan tempat dikuburnya jasad tokoh agama Islam di Lombok, hingga kini Makam tersebut masih tetap ramai bahkan menjadi tempat wisata religi di Lombok


Makam Wali Nyatog

Selanjutnya ada Makam Wali Nyatoq yang berarti Wali Nyata merupakan Tokoh Wali paling terkenal di Lombok, Masyarakat yakin jika Wali Nyatoq benar-benar seorang Wali yang hadir untuk mengajarkan kebenaran dan kemaslahatan hidup.

Para Peziarah yang datang dan berdoa ke Makam Keramat di Lombok ini merasa yakin jika doa dan hajat mereka akan cepat terkabul oleh Tuhan YME melalui berkah dari para Tokoh ulama yang dianggap suci.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Read Gentleman Jole and the Red Queen Vorkosigan Saga Free

Read Cicero In Catilinam 1-4. Pro Murena. Pro Sulla. Pro Flacco B. Orations Loeb Classical Library No. 324 Free

Read Loving An Angel II The Story of Angel II The Story of Angelo & Mercy Volume 2 Free