Pesona Air Terjun Jeruk Manis Di Kaki Gunung Rinjan


Air Terjun Aiq Tamer atau dikenal juga dengan Air Terjun Jeruk Manis terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani tepatnya di Dusun Barang Panas, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur, NTB.

Ketinggian Air Terjun Jeruk Manis mencapai 40 meter lokasi Air Terjun berada di bawah kaki Gunung Rinjani lokasinya tak jauh dari Desa Tete Batu.

Air Terjun Jeruk nipis yang di kelilingi oleh pemandangan Hutan lindung yang indah dan menyejukkan ini konon dipercaya masyarakat setempat dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti pegal – pegal dan Penyakit kronis lainnya.

Masyarakat setempat secara turun temurun meyakini bahwa kandungan Air Terjun dapat membantu menyuburkan Rambut.

Sementara itu bagi warga yang ingin melakukan pengobatan biasanya akan melakukan ritual tradisional yang di pimpin oleh ketua adat atau di sebut Pemangku Adat.

Saat menginjakkan kaki di tempat ini Anda akan merasakan pemandangan hutan yang masih alami sembari berjalan menyusuri jalan setapak Anda akan melihat deretan pepohonan dan tanaman langka yang di tulis dan diberi nama masing – masing.


Sambil menikmati udara segar di tengah Hutan Anda bisa belajar mengenal berbagai jenis Pohon yang ada Taman Nasional Gunung Rinjani.

Dari pintu gerbang Anda harus berjalan kaki mendaki dan menuruni anak tangga sejauh 2 KM dengan jarak tempuh sekitar 40 menit, Anda tak perlu khawatir meskipun musim hujan jalur trekking berupa anak tangga tidak terlalu licin karena terbuat dari bebatuan yang dicampur semen.

 Di sepanjang jalur Trekking terdapat dua tempat istirahat semacam Gazebo yang bernama Berugaq meski harus berjalan agak jauh dengan napas agak tersengal namun sesampainya di Lokasi Air Terjun Jeruk Manis semua rasa letih akan langsung hilang setelah mandi dan menyaksikan keindahan wisata alam di Kaki Gunung Rinjani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Read Gentleman Jole and the Red Queen Vorkosigan Saga Free

Read Cicero In Catilinam 1-4. Pro Murena. Pro Sulla. Pro Flacco B. Orations Loeb Classical Library No. 324 Free

Read Loving An Angel II The Story of Angel II The Story of Angelo & Mercy Volume 2 Free